Menjadikan Para Siswa Aktif Bertanya Dalam Kelas Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013

MENJADIKAN PARA SISWA AKTIF BERTANYA DALAM KELAS MATEMATIKA BERDASARKAN KURIKULUM 2013

 

1Mohammad Tohir

1Mahasiswa S2 Pendidikan Matematika FKIP Pascasarjana Universitas Jember

1Guru SMPN 2 Jember

matematohir@yahoo.com

 

Abstrak: penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran matematika masih mengalami kendala dalam mewujudkannya, terutama yang dikeluhkan oleh para guru pada bagian kegiatan bertanya. Bahkan dalam praktiknya, sebagian besar guru menerapkan kurukulum 2013 semi KTSP. Hal ini tidak sejalan dengan apa yang diinginkan oleh pemerintah. Oleh karena itu, melalui artikel ini penulis akan sedikit mengupas tentang bagaimana cara agar para siswa aktif bertanya dalam setiap kegiatan pembelajaran matematika. Di dalam artikel ini penulis mengemukakan tentang temuan dari duakali hasil penelitian di dua instansi yang berbeda, yaitu ada enam point utama yang harus diketahui dan dipahami oleh guru dan ada sembilan point khusus yang harus dilakukan oleh guru dalam kegiatan bertanya. Penulis menyimpulkan bahwa untuk menjadikan para siswa aktif bertanya dalam kelas matematika, guru perlu membuat kegiatan pengamatan yang menarik berdasarkan kondisi sekolahnya masing-masing dan dalam kegiatan bertanya guru perlu melakukan sembilan point khusus tersebut. Selain hal tersebut, penulis mengemukakan secara lebih detail tentang pendekatan saitifik, contoh kegiatan pengamatan yang menarik dan model-model pembelajaran yang disarankan dalam Kurikulum 2013.

 

Kata-kata Kunci: Kurikulum 2013, Matematika, Pendekatan Saintifik, Aktif Bertanya, Model Pembelajaran.

Baca selengkapnya disini >>>

atau Download Prosidingnya di sini>>> ISBN: 987-602-18397-4-4

 

 

10 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *